HCS Pada MobilHarga pada mobil Rp.350.000,00 untuk pemasangan 1 catalis & Rp. 500.00,00 untuk 2 catalis (sudah termasuk ongkir, untuk luar jawa +Rp.30.000,00), khusus wilayah jabodetabek, pemasangan di tempat kami bisa dilakukan kapanpun.

HCS Yogyakarta
Pakdhe Hari
Jl. Pringgokusuman GT II/612 , Yogyakarta
Tlp : 08122960099

HCS Jakarta
Rudi
Jl. Mesjid Baitul Salam No. 8 Rt. 003 / 05 Jati Asih - Bekasi
Tlp : 081218518206
021-8360 1816
021-8537 7334
Pin BB : 21E09DD5



A.N RUDI HARTONO
BCA  5530270086 

A.N ENDANG WIRA SURYA
MANDIRI  0060006522274 

A.N ENDANG WIRA SURYA
BNI 0180382730 


Sekilas tentang HCS Penghemat BBM

1. Apa itu HCS?

" HCS (hydrocarbon crack system) adalah sistem memecah atom hydrocarbon ( bahan bakar premium atau pertamax) menjadi atom hydrogen H2 dan carbon C dengan cara menggunakan pipa Katalis yang dipanaskan. Panas luar/ exothermic dari mesin internal combustion (mesin kendaraan) itu sendiri yaitu dari panas blok mesin maupun dari knalpot yang bisa mencapai temperatur hingga 400 derajat C."

2. Bagaimana cara kerja HCS penghemat bbm?

"Secara umum cara pengoperasian alat ini dengan mengisikan sejumlah BBM ke dalam tabung yg telah disediakan. Kapasitas tabung untuk mobil adalah 1 liter tetapi diisi maksimal 700cc. Sedangkan untuk sepeda motor kapasitas tabung 500cc diisi maksimal 250cc. Khusus untuk sepeda motor jenis bebek dan matic saat ini sudah bisa langsung mengambil uap BBM langsung dari tangki kendaraan dengan cara mengganti tutup tangkinya dengan versi yang sudah dimodifikasi.

Kemudian uap bbm ini disalurkan ke intake chamber dengan melalui sebuah pipa Katalis yang bisa memecah uap BBM menjadi hydrogen rich dan menghisap unsur partikel carbon sehingga nantinya pada knalpot/gas buang unsur carbon monoxida bisa berkurang secara significan dan hydrogen sebagai penambah oktan pada kendaraan tersebut.

Secara teoritis, dengan HCS anda bisa menghasilkan gas hydrogen (H2) sampai 3-5 LPM H2 (liter per menit)."

3. Apa dampak penggunaan HCS pada mesin?

" Penghemat ini mempunyai cara kerja yang unik alat ini tidak mencekik pemakaian BBM di intake manifold / ruang bakar, tetapi malah menambah suplay ke intake manifold / ruang bakar, jadi kerja mesin akan lebih dingin dan lebih bertenaga.Efeknya lainnya hasil uji emisi lebih bagus, maka seharusnya ruang bakar lebih bersih."

4. Bagaimana cara pemasangan HCS di kendaraan?

"Pemasangan HCS sangat sederhana karena hanya perlu 3 titik penempatan untuk perangkatnya yaitu :

1. Memasang tabung
Untuk mobil tabung ditempatkan pada posisi yg mudah dijangkau agar memudahkan saat melakukan pengisian kembali. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai disekitar tabung ada kabel-kabel yang terbuka. Juga jangan ditempatkan persis diatas dynamo stater atau dynamo amper.

2. Memasang katalis
Katalis ditempatkan di sekitar mesin yang mempunyai panas yg cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Tempat-tempat yang memadai untuk katalis adalah langsung menempel di knalpot, di atas cover knalpot, di jalur air yg terbuat dari besi, atau di blok mesin.

3. Menghubungkan ke jalur masuk
Carilah jalur masuk yang ada disekitar intake chamber. Biasanya ada dibawah karburator atau sesudah throttle body. Di mobil-mobil tertentu kadang sudah tersedia jalur tersebut tapi ditutup dengan selang buntu. Jika tidak ada cari selang yang terhubung dengan buangan uap mesin, selang charcoal canister yg ada di intake, atau selang map sensor.

Jangan gunakan jalur yg terhubung dengan booster rem dan vacuum advancer.

4. Bagaimana cara settingnya?

Sistem Karburator

Untuk mobil dan spd motor (1-4)
Nyalakan mesin dan tunggu 3-5 menit agar mesin dalam kondisi normal dan suhu knalpot lebih panas agar Katalis berfungsi secara optimal. Lalu besarkan stelan gas agar rpm naik lebih kurang 500rpm.
Buka kran tabung sampai keluar gelembung dan rpm menurun lebih kurang 200rpm.
Buka kran airmix sampai rpm naik kembali mendekati posisi semula.
Kecilkan stelan gas sampai ke idle yang diinginkan.

Untuk mobil saja ditambah proses berikut (5-7):
Tekan gas sampai 2000rpm dan tahan 10-15detik, lalu pedal gas dihentak.
Ulangi butir 5 skali lagi.
Cek lubang knalpot apakah sudah keluar air atau embun (gunakan cermin dan letakkan 20cm dari lubang knalpot). Bila air atau embun sudah muncul berarti gas Hidrogen sudah sampai ke ruang bakar dan pemasangan HCS sudah benar serta tidak ada kerusakan alat.

Untuk mobil dan sepeda motor
Uji jalan. Rasakan apakah ada perubahan tenaga di kendaraan anda. Bila sudah muncul berarti pemasangan HCS secara keseluruhan sudah selesai.

Sistem Injeksi (Mobil)

Nyalakan mesin dan tunggu 3-5 menit agar mesin dalam kondisi normal dan suhu knalpot lebih panas agar Katalis berfungsi secara optimal.
Buka kran tabung sampai keluar gelembung sekitar 5-15 gelembung per detik.
Bila mengalami kesulitan melihat gelembung di dalam tabung, maka dapat dibantu dengan Gelembung Checker yang harus anda buat sendiri.

Tekan gas sampai 2000rpm dan tahan 10-15detik, lalu pedal gas dihentak.
Ulangi butir 3 skali lagi.
Cek lubang knalpot apakah sudah keluar air atau embun (gunakan cermin dan letakkan 20cm dari lubang knalpot). Bila air atau embun sudah muncul berarti gas Hidrogen sudah sampai ke ruang bakar dan pemasangan HCS sudah benar serta tidak ada kerusakan alat.
Uji jalan. Rasakan apakah ada perubahan tenaga di kendaraan anda. Bila sudah berarti pemasangan HCS secara keseluruhan sudah selesai. takaran yang pas isi drigennya brp ya pak dar...
HCS sya susah di seting..ehh..pas ganti isinya jadi maknyus...
bisa basi isi drigennya ampe brp hari ya...???
drigen diisi setengahnya, maksimal 3/4 jangan sampai pertamax terhisap, klo sampai terhisap campuran bahan bakar terlalu kaya pembakaran tidak sempurna mesin bisa ndut-ndutan he he he.
isi jerigen basinya tidak pake takaran hari, tapi tergantung jam mesin atau km jarak tempuh dan besar kecilnya bukaan kran. kalo disi 1/2 jeri basi sekitar 150 km, tanda yg paling jelas kalo bukaan kran hcs diperbesar maka rpm semakin tinggi itu tandanya dah mulai basi, normalnya kan rpm turun. sebaiknya segera ganti, masukin saja ke tangki bbm, trus isi lagi deh

5. Seberapa besar penghematan yang bisa didapat?

" Besarnya penghematan tergantung kepada penyetelan spuyer yang terdapat di alat tersebut. Kisaran penghematan 30% - 70% , yang pasti tenaga yang dihasilkan akan lebih besar. (Untuk melihat lebih banyak kegunaan dan testimony tentang HCS silahkan kunjungi di forum detik.com"

6. Untuk setting supaya irit, gimana caranya ?

"Menaikkan AFR/Lambda (perbandingan udara dan bbm) akan menambah penghematan. karena begitu kran HCS dibuka biasanya AFR/Lambda menurun... usahakan lambdanya bisa di atas 1,1. Untuk kendaraan anda silakan ditanyakan ke beres apakah masih mungkin dilakukan ubahan spt itu."

7. Apa efeknya kalau bensin dalam tabung basi ?

"Kalau isi tabung basi segera tutup krannya, maka kendaraan anda sudah seperti sediakala (tanpa HCS). tapi kalau dilanjutkan tanpa menutup kran, maka bisa saja bbm kendaraan malah lebih boros. karena mesin akan menyedot angin dan kevakuman menurun."

8. Apakah ada efek ke Catalytic converternya ?

"Kalau hasil uji emisi sudah bagus dibandingkan sebelum pakai HCS tentunya kerja catalytic converter jadi lebih ringan. bisa jadi usia penggantian catalytic converternya bisa lebih panjang jaraknya."

9. Ada after sales servicenya, maksudnya kalau setelah dipasang trus masalah ?

"Kalau setelah dipasang terus ada masalah terhadap perangkat HCSnya, maka silakan kembali ke kami untuk dicari tahu penyebabnya. tanpa ada biaya lagi. tapi kalau masalahnya adalah tidak dapet irit tapi powernya masih tetap ada, itu berarti permasalahan bukan di HCSnya.

Sistem kerjanya sederhana .. mesin hidup, maka dia akan menyedot uap bbm di tabung lalu ke katalis untuk dipecah jadi beberapa unsur salah satunya H2, H2 masuk ruang bakar bersama dengan bbm yg lewat karbu untuk menambah tenaga. jadi sifatnya suplemen.. suply H2 tergantung kadar oktan bbm yg ada di tabung dan besarnya penyaluran ke ruang bakar (diatur dg kran). semakin lama dipakai kadar oktan bbm di tabung akan menurun yg akhirnya basi alias habis. walaupun mungkin cairan bbmnya masih ada. tanda2nya yaitu menurunnya power menjadi seperti sediakala.

bbm basi bisa dituang ke tangki karena yg tersisa adalah additif yg tidak turut menguap..

sedotan mesin biasanya bermain di rpm rendah dan menengah (kala skep tidak membuka penuh). kalau sudah rpm tinggi biasanya sedotan semakin lemah.

HCS sama sekali tidak menyentuh soal kelistrikan dan perairan. Makanya Luxio Matic saya yg ga pakai aki juga bisa dipasangin HCS... Volume H2nya tergantung dari tingkat oktan bbm yg di tabung, semakin tinggi semakin banyak. Anda bisa langsung rasakan powernya setelah terpasang.

Untuk mobil injeksi sebaiknya bukaan kecil saja (permukaan bbm di tabung cukup bergoyang) dan biasanya pasti sudah muncul uap air di knalpot...
jalur masuk di injeksi biasanya yg intakenya nempel di intake chamber.. berarti sesudah maf sensor ... .. menutup lubang filter bisa saja, biasanya kita istilahkan GTM, bisa GTM50 atau maksimal GTM75... tergantung efektifitasnya... kalau yg paling gampang ya setel AFRnya naikkan lambdanya lebih dari 1.. atau perbandingan bbm dan udaranya di atas 1:14,7

Ini alat sederhana untuk menaikkan torsi kendaraan anda di putaran bawah/menengah untuk memperoleh penghematan. bahan bakunya adalah uap bbm... jadi kalau mobil... uapnya disalurkan ke katalis (ditempel di knalpot) untuk dipecah yg salah satu unsurnya adalah gas hidrogen. Gas hidrogen masuk ke ruang bakar lwt intake lalu dibakar bersama bbm yg dari karbu... Sehingga power meningkat... injek pedal gas sedikit saja .. diharapkan ada penghematan bbm yg dikonsumsi...

Tabung isinya bisa mulai dari premium s/d pmax plus ... masing-masing nanti hasilnya beda ... semakin tinggi oktannya semakin baik...

ya, harus diganti baru jika sudah dipakai jarak 400-500km untik mobil sedangkan yg lama jika masih ada bisa masuk ke tangki..

indikator yg paling gampang ya performancenya... kalau ngedrop seperti sebelum pakai HCS berarti sudah tidak efektif lagi bbm di tabung walaupun masih ada sisanya...

HCS pertama untuk meningkatkan power (torsi) lalu dari kenaikan power tersebut kita manfaatkan untuk mencari irit.

kalau soal tidak ada gelembung di tabung bisa jadi karena adanya kebocoran di selang (khususnya yg terhubung langsung dg katalis) dan tutup tabung (tidak bisa rapat lagi) atau katalisnya mampet/buntu karena banyak karbon... untuk katalis mampet anda bisa bakar katalisnya di atas kompor sampai warnanya merah lalu langsung celupkan ke air dingin...